Persebaran Fauna dan Flora Indonesia

PersebaranFlora danFauna diIndonesiaA. PersebaranFlora (duniatumbuhan)diIndonesia.
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu tempatada yang tumbuh secara alami dan ada juga yangdibudidayakan oleh manusia. Flora ataua duniatumbuhan di berbagai tempat di dunia pastiberbeda beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapafaktor antara lain sebagai berikut :

Iklim

Jenis tanah

Relief atau tinggi rendah permukaan bumi

Biotik (pengaruh makhluk hidup).


Beberapajenisflora diIndonesia yang dipengaruhiolehiklimantaralainsebagaiberikut:

HutanMusim, terdapatdidaerahIndonesia yangmemilikisuhuudaratinggidanmemilikiperbedaankondisitumbuhandimusimhujandanmusimkemarau.Padamusimkemaraupohonnyaakanmeranggasdanpadamusimhujanakantumbuhhijaukembali. Contohhutanmu-simialahhutanjatidankapukrandu. HutanmusimbanyakterdapatdiJawaTengah danJawaTimur.

HutanHujanTropis, terdapatdidaerahyang curahhujannyatinggi. Indonesia beriklimtropisdandilaluigariskhatulistiwasehinggaIndonesia banyakmemperolehsinarmataharisepanjangtahun, curahhujantinggidantemperaturudaratinggi. Di IndonesiahutanhujantropisterdapatdiPulauSumatera,Kalimantan, Sulawesi danPapua.




Sabana, terdapatdidaerahyang curahhujannyasedikit. Sabanaberu-pa padangrumputyang diselingipepohonanyang bergerombol. SabanaterdapatdiNusaTenggara Barat danNusa Tenggara. Timur

Steppa, adalahpadangrumputyang sangatluas. Stepaterdapatdidaerahyangcurahhujannyasangatsedikitataurendah. Stepaterda-dapatdiNusa TenggaraTimur, baikuntukpeternakan.

HutanBakauatauMangrove, adalahhutanyang tumbuhdipantaiyang berlumpur.HutanbakaubanyakterdapatdipantaiPapua, Sumatera bagiantimur, KalimantanBarat danKalimantan Selatan.

1 komentar:

Puzzie S. Dwi Retno mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top